Photobucket

Minggu, 25 September 2011

Museum di Pasir Belengkong

Wilayah Pasir Belengkong sangat luas, bahkan bisa seluas kabupaten di Jawa. Di wilayah ini terdapat Museum terkenal di Kalimantan Timur yaitu Museum Sadurengas, Museum ini merupakan bangunan eks rumah salah satu Sultan Paser, yaitu Aji Tenggara (1844-1873). Seiring berjalannya waktu pada awal abad ke - 19 berubahlah peruntukan rumah ini menjadi istana Sultan Ibrahim Khaliludin. Bangunannya seperti bangunan panggung dalam bahasa Paser "Kuta Imam Duyu Kina Lenja" artinya "Rumah Kediaman Pemimpin yang Bertingkat".

Belum lama ini bangunan tersebut telah direhap oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Paser yang dimulai pada awal Bulan Oktober 2008 yang dibantu oleh Menkokesra dan tenaga arkeologi dari Banjarmasin (Balai Arkeologi Banjar baru).

Museum Sadurengas yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang telah memperoleh SK Mendikbud sebagai salah satu banguna bersejarah dengan ciri khas tersendiri yang mewakili gaya dan kharisma pemerintahan pada masa itu.



1 komentar:

  1. Betway app review | Vidl.cc
    Betway app 유튜브 review - Download for free the Betway app and discover how to start gambling. Betway has more than 20 games to choose from.

    BalasHapus